Analisa Tebal Perkerasan Lentur Dengan Metode Mekanistik Empiris Dibandingkan Dengan Metode Bina Marga 2017, Ruas Jalan Soekarno Provinsi Sulawesi Utara

Authors

  • ir. THEO KURNIAWAN SENDOW, ST., MT., IPU., ASEAN ENG UNIVERSITAS SAM RATULANGI
  • Lucia 21Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara

Keywords:

Bina Marga 2017, Mekanistik Empiris, Perkerasan Lentur

Abstract

Perkerasan lentur adalah salah satu teknologi perkerasan jalan yang menggunakan aspal sebagai bahan pengikatnya, yang terdiri dari beberapa lapisan yang dihamparkan di atas tanah dasar yang telah dipadatka, dimana lapisan-lapisan init berfungsi untuk menerima beban kendaraan dan menyebarkannya ke lapisan yang ada di bawahnya. Untuk menjamin agar perkerasan lentur ini mampu memberikan pelayanan yang aman dan nyaman, maka perlu dilakukan perencanaan konstruksi perkerasan lentur. Studi Literatur dilakukan untuk membandingkan nilai tebal perkerasan lentur dan umur layanan jalan dari desain perkerasan lentur dengan dua metode yang berbeda.  yaitu metode Manual Desain Perkerasan Jalan Bina Marga 2017 dan Metode Mekanistik Empiris yang dikembangkan oleh Prof. Ir. Aloysius Tjan, Ph.D. Kedua metode memiliki perbedaan parameter seperti pada Metode Mekanistik Empiris yaitu Ec, Et, Nd, dan Nf, namun juga memiliki parameter-parameter yang saling berkaitan seperti beban lalulintas, CBR dan tebal lapis perkerasan. Hasil perbandingan tebal perkerasan antara metode Bina Marga 2017 dan metode Mekanistik Empiris menunjukan bahwa secara keseluruhan metode Bina Marga 2017 lebih kecil ukuran nya.

Author Biography

Lucia, 21Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara

Dr. Ir. Lucia I. R. Lefrandt, ST., MT., IPM., ASEAN.Eng.

Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara

Downloads

Published

2023-09-08

Issue

Section

Rekayasa Sipil dan Lingkungan Terbangun