Karakteristik Sifat Mekanik Komposit Epoksi Berpenguat Serat Jute Dan Serat Gelas

Authors

  • Martijanti Martijanti Universitas Jenderal Achmad Yani/Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta Selatan, Jakarta
  • Ronald Sukwadi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta Selatan
  • Marsellinus Bachtiar Wahyu Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta Selatan, Jakarta

Keywords:

Komposit, serat gelas, serat jute, epoksi , sifat mekanik

Abstract

Komposit terdiri lebih dari satu tipe material dan dirancang untuk menghasilkan karakteristik terbaik dari setiap komponen penyusunnya. Dibanding dengan material konvensional, diantaranya memiliki kekuatan yang dapat diatur dan disesuaikan dengan persyaratan dari aplikasi produknya. Kelebihan dari komposit tersebut, dikembangkan pada penelitian ini dengan melakukan rancangan terhadap susunan dan jenis penguat untuk mendapatkan nilai kekuatan tarik, kekuatan lentur dan impak yang paling baik. Serat yang digunakan serat jute dan serat gelas, dengan variasi pertama yaitu 4 serat gelas, kedua 4 serat jute dan ketiga 2 serat gelas 2 serat jute dan matriks resin epoksi EPR 174 sebagai pengikat.

Dari hasil penelitian diperoleh nilai terbesar untuk variasi 1 kekuatan tarik 55,87 Mpa, ketanguhan impak 40 J/mm2, dan kekuatan lentur 101,91 Mpa. variasi 2 kekuatan tarik 19,64 Mpa, ketanguhan impak 38 J/mm2, dan kekuatan lentur 39,48 Mpa. variasi 3 dengan nilai kekuatan tarik 29,85 Mpa,ketanguhan impak (48- 56) J/mm2 dan kekuatan lentur 14 MPa. Jenis dan susunan serat dapat menentukan sifat mekanik (kekuatan tarik, kekuatan lentur, ketanguhan impak) komposit yang kita inginkan dan disesuaikan dengan persyaratan dari produknya.

Downloads

Published

2023-09-15

Issue

Section

Konservasi dan Pengelolaan Sumber Daya Alam